About Us

Message from the president

Welcome to Kawasaki renewal web site..
I am happy to share “A lot of Kawasaki exciting information” with you.

Premium sports bike market here has been amazingly booming in a past few years due to the increased mid income population. However more importantly this happened because Indonesian Riders have a healthy “Biking Culture”. In other words Indonesian customers know how to enjoy “Fun Riding”.

“Kawasaki Ninja” already is the well known brand among sports bike riders in all over the world. On the other hand in Indonesia, the “Ninja” brand received the “Net Promoter Star” award from SWA last month.

We believe it is evident that many of Indonesian customers rate “Ninja” as the “cut above the rest” brand.
We want to keep satisfying Indonesian riders by providing premium products and services.We invite you to become a part of “Kawasaki Leisure Bike” world and be free from the daily life stress.

I hope you enjoy our web site contents and join to Kawasaki family.

Thank you so much.

Y. Tanigawa


MISSION

“Pada awal tahun 2009 ini President Director kita, mr.Shigeyo Ikemoto, dengan tegas mencanangkan Company’s Codes of Conduct atau Tata Laksana Kerja Perusahaan sebagai bagian dari misi PT. Kawasaki Motor Indonesia. Ada enam hal penting disini yang manajemen merasa, bahwa hal - hal tersebut harus disampaikan kepada seluruh Main Dealer, sebagai keluarga besar Kawasaki, agar kita semua mempunyai misi yang sama dalam bekerja. Mari kita berubah!”

  1. OPEN MIND – SELALU BERPANDANGAN LUAS. BERPIKIR DAN BERTINDAK UNTUK JANGKA PANJANG, DENGAN CARA PANDANG YANG GLOBAL.

  2. CHALLENGE – HADAPI SEGALA TANTANGAN YANG SULIT SEKALIPUN  SECARA LANGSUNG. MEMPUNYAI CITA-CITA YANG TINGGI DAN TIDAK PERNAH TAKUT UNTUK MENCOBA SESUATU YANG BARU SECARA POSITIF.

  3. DEDICATION – SELALU BERBUAT ATAS DASAR ASPIRASI DAN TUJUAN. BEKERJA MENUJU KESUKSESAN DENGAN MENDEDIKASIKAN DIRI TERHADAP PEKERJAAN SECARA PENUH.

  4. INTEGRITY – RAIH KEPERCAYAAN DARI REKAN KERJA DAN LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI ETIKA KERJA YANG TINGGI DAN DENGAN MENJADIKAN DIRI KITA SEBAGAI PANUTAN.

  5. PROFESSIONAL – SELALU MEMPERBAIKI DIRI. BEKERJA DENGAN KEINGINAN YANG KUAT UNTUK MAJU ATAS DASAR KE-PROFESIONALITAS-AN.

  6. TEAM WORK – MENJADI BAGIAN DARI “TEAM KAWASAKI” BERBAGI DENGAN PERASAAN BANGGA DAN SENANG UNTUK SEBUAH PEKERJAAN YANG TELAH DISELESAIKAN DENGAN SANGAT BAIK.

 

Sejarah Perusahaan

PT Kawasaki Motor Indonesia didirikan pada tanggal 18 Februari  1994 sebagai perusahaan joint venture antara Kawasaki Heavy Industries, Ltd. – Jepang dengan salah satu perusahaan di Indonesia yaitu PT Sumber Selatan Nusa. Bisnis perusahaan bergerak dibidang kendaraan beroda dua dengan merek Kawasasaki. Produksi pertama dimulai pada Maret 1995.diikuti dengan penjualan unit, spare part serta fasilitas servis . PT Kawasaki Motor Indonesia yang bertempat di Jl. Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading, Jakarta Utara memiliki dua kegiatan utama yaitu merakit dan memproduksi komponen motor.Kapasitas produksi menghasilkan 200.000 unit pertahunnya. Unit bisnis: industry otomotif, perakitan sepeda motor termasuk komponennya.

Dengan mengacu pada pilosopi “MARCHING ON TO UNLIMITED IMPROVEMENT” semangat juang dan kerjasama yang kokoh anatara manajemen, pekerja, dan serikat buruh PT Kawasaki Motor Indonesia  berencana untuk menjadi perusahaan terbaik dalam kualitas, produktivitas, dan disiplin. Untuk meraih target-target tersebut, beberapa upaya yang harus dilakukan secara berkesinambungan iyalah sebagai berikut:

Mengaplikasikan system produksi Kawasaki yang didasari oleh konsep “Just in time” dengan melakukan pengendalian visual  untuk meminimalisir pekerjaan yang tidak bermanfaat dan mengatur persediaan barang dengan mengikuti faham 5 S (Seiri/Arrangemen,Seiton/Order,Seiso/Clean, Seiketsu/Cleanliness, Shitsuke/Dicipline).

Prosedur standar operasi digunakan dalam proses komponen, sparepart motor dan trial, hal ini bertujuan agar memudahkan dalam maintaining.

System ON THE JOB TRAINING dengan menempatkan para pekerja secara periodic ke KHI Japan yang bertujuan untuk menggarap skill/kemampuan para pekerja agar menjadi lebih baik lagi.


Company Profile


Company Name:

PT. Kawasaki  Motor Indonesia

Address:
Jl. Perintis Kemerdekaan, KelapaGading,
Jakarta Utara 14250 Indonesia
Tel : (62-21) 452 3322
Fax : (62-21) 452 3566

Established Date:
February 18th, 1994

Start Commercial Production :
March 23th,  1995

Business:
Manufacturing two wheel motorcycles, component parts, and accessories

Shareholders:
Kawasaki Heavy Industries, Ltd.       83%
PT. Sumber Selatan Nusa                  17%

Board of Directors:
President Director        
Y. Tanigawa
Director                      Janto Boedihardjo
Director                       Mitsuhiko Okada


Bank Account:
Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ
Bank Mizuho Indonesia
Bank Sumitomo Indonesia
Lippo Bank
Mandiri Bank

Employees:
821 persons of April 2009


5S

Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia maupun di dunia yang telah menerapkan konsep-konsep manajemen dengan pendekatan baru untuk meningkatkan daya saingnya, misalnya dengan Just in Time (JIT), Total Quality Management (TQM), International Standard Organization (ISO), dan lain sebagainya.

Semua konsep diatas tentunya mempunyai tujuan yang baik dan dipilih sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Oleh karena itu perlu, adanya penanaman konsep perubahan budaya sebelum menerapkan konsep-konsep tersebut diatas, yaitu 5 “S”.Pendekatan ini memang dikembangkan di Jepang dan merupakan salah satu kunci sukses untuk mentransformasi sebuah perusahaan menajdi perusahaan kelas dunia.

Mulai pada pertengahan tahun 2008 yang lalu PT. Kawasaki Motor Indonesia mulai memperkenalkan konsep 5 “S”  kepada seluruh karyawan/ti-nya dengan dibentuknya sebuah committee khusus yang bertugas untuk memperkenalkannya melalui pelatihan, membuat rencana implementasi dan pengembangannya, mengawasi pelaksanaanya, melakukan audit atau penilaian terhadap masing-masing bagian, dan memberikan masukan & melaporkan hasil kerjanya kepada manajemen.

Apaitu 5 “S”?

  • 5 S” adalah proses perubahan sikap

  • 5 S” adalah membiasakan diri bekerja dengan standar

  • 5 S” adalah huruf awal dari lima kata bahasa jepang; Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke.

  • 5 S” adalah konsep yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.

  • 5 S” adalah konsep yang sangat mendasar atau ‘back to basic’.

 

Apa itu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, danShitsuke?

  • SEIRI: “RINGKAS”, pisahkan yang perlu dan tidak perlu dan singkirkan yang tidak diperlukan

  • SEITON : “RAPI”, atur sesuai kebutuhan untuk memudahkan control visual.

  • SEISO: “RESIK”, bersihkan tempat kerja dan pastikan bahwa pekerjaan “membersihkan” merupakan suatu kebiasaan.

  • SEIKETSU: pastikan 3 “S” diatas dijalankan dan buat standar yang jelas

  • SHITSUKE: taat menjalankan 5 “S” terus menerus dan selalu melakukan perbaikan.

Manajemen PT. Kawasaki Motor Indonesia mempunyai obyektif agar 5 “S” ini menjadi budaya kerja dilingkungan perusahaan dan sangat berharap rekan-rekan Main Dealer di seluruh Indonesia bias menerapkan juga budaya ini mulai dari induk perusahaannya sampai dengan outlet atau shop yang paling kecil.