News
2013-03-27 | Modification
Kawasaki New Ninja 250FI - Di Luar Batas Kepuasan

Bagi biker penggila modifikasi kepuasan tidak membatasi. Tak kecuali pehobi modifikasi Kawasaki New Ninja 250Fi. Mulai mesin sampai tampilan desain motor dapat jatah koreksi, hingga hasil ide liar penggila modifikasi ini bisa dijadikan referensi.

Mari kita mulai dari peforma mesin. Exhaust standar merupakan korban pertama yang dipensiunkan. Tidak perduli usia pakainya baru sesaat. Gantinya bisa gunakan slip on atau full system. Slip masih bisa menggunakan produk bule alias import. Sedangkan type full system produk lokal jadi juara. Karena barang import belum tersedia.  

“Bisa dicoba produk R9, VRX bikinan Sportisi Motorsport, AR-1 Anjany Racing atau Kawahara,” jelas Agus Tri Pamungkas Kik’s Private Modifikasi.

Ingat untuk full system jangan sampai salah pilih menggunakan punya Ninja 250R versi karburator. Selain volume, perbedaan juga terletak pada bentuk pipa leher lubang buang. Untuk Ninja 250FI terdapat lekukan di leher knalpot tepat dibawah mesin. Desain leher saluran buang ini mengikuti bentuk girboks yang berbeda dari varian karburator.

Masih “jahil” di bagian mesin. Kali ini boks filter jadi sasaran. Beberapa pilihan filter afetr market bisa jadi rujukan. Seperti K&N atau DNA Air Filter. Yang memiliki bahan penyaringan udara lebih lembut. Hingga pasokan udara yang tersuplay jadi lebih kaya.

Masih belum cukup. Perlu pemasangan piggyback untuk memaksimalkan rombakan yang telah dilakukan. Pasangkan bareng ECU. Dan bisa memanipulasi ECU.  Mengatur setting Air Flow Rate tiap putaran dan derajat pengapian sesuai yang dikehendaki mencari tenaga terbaik.

“Saat ini bisa digunakan piggyback  Power Commander V atau Bazzaz Z Fi,” lanjut Angga Kurniawan dari Anjany Racing. “Selain itu juga bisa pilih Juice Box dari Two Brohters atau EZ Ecu,” sahut Budiman Terianto owner Spinx Motorsport.

Belum obrak-abrik mesin dan ECU. Jarahan tangan jahil bawaan orok penggila modifikasi pindah ke penampilan motor. Bahkan barang variasi Ninja 250R karburator pun bukan pantangan untuk dipasang.

“Handel rem-kopling, tutup rantai yang biasa menjadi satu dengan spakbor kolong atau setang jepit bisa saling menggantikan,”  ujar Marsel dari Jiester Modification yang lokasi bengkelnya di seputaran Alteri Kelapa Dua, Jakarta Barat beri referensi.

shared to:
Solo Riding Jakarta - London
PT. Kawasaki Motor Indonesia memberikan 1 buah motor Versys-X 250 kepada Stephen Langitan yang akan melakukan solo riding dari Jakarta Menuju London. Acara serah terima ini dilakukan secara sederhana di kantor pusat ...

more »
Kawasaki Fest Day Medan
PT. Kawasaki Motor Indonesia atau KMI mengumpulkan 500 orang dari 28 komunitas Kawasaki dalam acara Kawasaki Fest Day, yang berlokasi  di Fun Taste Street Night Market Medan, pada tanggal 5 Mei 2018. Dalam hal ini KMI ...

more »
Program Kawasaki Jakarta Fair 2018
PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kembali menggelar pameran di event tahunan Jakarta Fair 2018 (PRJ). KMI membuka booth Kawasaki selama berjalannya Jakarta Fair, yaitu tanggal 23 Mei – 1 Juli 2018, di Open Space, ...

more »
Bengkel Siaga Kawasaki
Menghadapi musim mudik Lebaran tahun 2018 ini, PT. Kawasaki Motor Indonesia bekerja sama dengan beberapa dealernya untuk menyiapkan sejumlah Bengkel dan Posko Siaga di sejumlah titik, di Pulau Jawa. Bengkel siaga ini aktif ...

more »